SAPK ( Sistem Aplikasi Pelayanan Kepegawaian )

9 05 2012

SAPK ( Sistem Aplikasi Pelayanan Kepegawaian ) merupakan program baru BKN yang meliputi SAPK pengenalan, pengadaan, kenaikan pangkat, pensiun, mekanisme peremajaan (up date) data, aplikasi unit organisasi dan formasi. SAPK mulai dikenalkan pada UPT ( P4TK, LPMP dan LP2KS ) pada bulan Maret 2012 oleh Badan PSDMP dan PMP.

Sistem Aplikasi Pelayanan Kepegawaian (SAPK), dapat digunakan secara on line oleh seluruh mitra kerja BKN untuk pelayanan kepegawaian seperti informasi PNS, Kenaikan Pangkat, Pensiun, Penetapan NIP dan mutasi lainnya.

Hal ini tentu akan meningkatkan akurasi data PNS yang berdampak terhadap clean government dan good-governance. Untuk mendukung implementasi SAPK telah dikeluarkan Peraturan Kepala BKN Nomor 20 Tahun 2008 tentang Pedoman Pemanfaatan SAPK, sehingga SAPK dapat digunakan BKD dan pengelola kepegawaian lainnya.

Pelayanan kepegawaian berbasis elektronik, diharapkan dapat meningkatkan kualitas pelayanan kepegawaian, khususnya dalam hal akurasi data kepegawaian sehingga perbedaan data antara BKN, Kementerian, BKP Provinsi dan BKD Kabupaten/Kota dapat diminimalisir.

Pelayanan kepegawaian berbasis teknologi informasi ini adalah salah satu persyaratan yang merupakan quick win reformasi birokrasi, pada kesempatan ini BKN menghimbau dan mengharapkan kepada pusat/kabupaten/kota yang belum bergabung dalam pemanfaatan on line SAPK untuk segera merencanakan online SAPK dalam kesempatan berikutnya.

Adanya aplikasi SAPK merupakan salah satu langkah yang harus mendapat prioritas yakni pembenahan manajemen informasi sistem, akurasi data PNS di bidang manajemen kepegawaian yang terintegrasi dengan para stakeholders. Hal ini tentunya harus diikuti dengan peningkatan kualitas sumber daya manusia khususnya di bidang spesialisasi informasi.

Hal tersebut akan berdampak pada meningkatnya prestasi kerja PNS, sehingga mampu mendukung terhadap upaya peningkatan kinerja organisasi. “Penggunaan teknologi informasi dan komunikasi pada proses pelayanan administrasi kepegawaian, akan mampu menghilangkan image bahwa prosedur kenaikan pangkat selalu diiringi dengan penyiapan setumpuk dokumen, proses yang lamban dan in-efisiensi

Ditambahkan bahwa kualitas layanan terhadap PNS perlu secara terus menerus ditingkatkan, sebab bila tidak maka bisa dipastikan PNS tersebut tidak akan mampu memberikan kualitas layanan yang baik kepada masyarakat.

About these ads

Aksi

Information

One response

21 12 2012
Mul Yadi

saya sangat setuju dengan SAPK, sekaligus mengapresiasi BKn.RB dalam hal ini, karena sudah saatnya teknologi elektronik melyani kita dalam mengefisienkan dan mengakurasi data yang ada.. terima kasih..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: