CPNS TUGAS BELAJAR

25 04 2011

CPNS singkatan dari Calon Pegawai Negeri Sipil. Sepanjang pegawai negeri / guru masih berstatus sebagai calon PNS, mereka dilarang untuk melaksanakan Tugas/Ijin Belajar dan lainnya. Alasannya karena cpns harus menjalankan evaluasi selama satu tahun dan harus lulus uji kesehatan, dll. Diantaranya harus lulus uji :1. berkelakuan baik dan tidak pernah dihukum penjara atau kurungan berdasarkan putusan pengadilan yang memiliki kekuatan hukum tetap serta bebas narkoba ( mengurus surat keterangan tsb.diatas di kepolisian ), 2. tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai PNS/ Anggota TNI/Polri atau diberhentikan tidak dengan hormat sebagai pegawai swasta ( surat keterangan tsb khusus untuk yang telah bekerja sewaktu mendaftar cpns),
3. Tidak berkedudukan sebagai CPNS atau Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan tidak sedang menjalani perjanjian /kontrak kerja/ikatan dinas pada instansi lain ( jika sudah diterima cpns harus tidak mempunyai pekerjaan sampingan di instansi lain ), 4. uji kesehatan dari Rumah Sakit umum / yang ditujuk ( dinyatakan sehat jasmani dan rohani ), 5. Lulus ujian prajabatan ( dalam masa 2 tahun harus sudah lulus ijian prajabatan ). 6. Jika selama masih menjadi cpns ternyata melakukan kebohongan ( ijasah, masa kerja, dll ) seorang cpns bisa langsung dikeluarkan dari jabatan negerinya tanpa melalui proses hukuman ringan/sedang/berat.

Dari proses yang harus dijalani seorang CPNS dengan profesi apapun maka dilarang seorang CPNS untuk melaksanakan tugas belajar. Karena salah satu syarat PNS melaksanakan Tugas Belajar itu sendiri harus meninggalkan sementara tupoksinya / jabatannya ( cuti diberikan selama 2 th untuk S2, 3 th untuk S3 dan 4 th untuk S1 ) dengan harapan kuliah / studinya selesai tepat waktu. Jika CPNS melaksanakan Tugas Belajar apalagi jika berada diluar daerah institusinya, sementara tiba – tiba ada panggilan prajabatan, dll maka bisa dipastikan kegiatan – kegiatan yang harus dijalani sebagai cpns akan menghalangi studi TBnya untuk bisa selesai tepat waktu.

Sesuai dengan peraturan terbaru mengenai Tugas / Ijin Belajar yang tertuang dalam Peraturan Menteri Pendidikan no. 48 tahun 2009, maka seorang PNS yang akan melaksanakan Tugas Belajar diberikan batasan usia, harus lulus uji dari PT terakreditasi BAN dan diberikan cuti sesuai kualifikasi pendidikan yang ditempuhnya, semuanya untuk menghindari hal – hal yang selama ini terjadi di lingkungan kemendiknas yaitu pns yang melaksanakan tugas belajar tidak lulus sesuai waktunya bahkan ada yang drop out dan tidak mengembalikan uang negara. Dengan peraturan baru ini diharapkan PNS yang akan melaksanakan TB harus orang – orang terpilih dan mempunyai motivasi kuat untuk bisa lulus tepat waktu. Tidak ada lagi kesempatan bagi mereka yang malas dan ogah – ogahan melaksanakan TB karena jika sampai drop out benar – benar akan dikenai sangsi mengembalikan uang negara sebesar yang telah negara keluarkan.

Untuk masalah Ijin Belajar maka tidak diperkenankan PNS untuk cuti Ijin Belajar, karena Ijin Belajar hanya diperbolehkan jika PNS melaksanakan studinya di luar jam kerja dan harus di perguruan tinggi yang terakkreditasi BAN, tidak lagi bisa sembarangan memilih perguruan tinggi swasta, apalagi jika melaksanakan studi jarak jauh di PT di luar daerah bekerjanya, ijasahnya tidak akan diakui pemerintah. Jika ingin studi jarak jauh maka hanya diperkenankan untuk mengambil studi di Universitas Terbuka.

Demikianlah yang dapat kami sampaikan terkait cpns / pns melaksanakan Tugas / Ijin Belajar. Semoga bermanfaat.


Aksi

Information

3 responses

22 08 2011
dr.kholid

tanya neh, saya pernah nanya saat prajab saat materi managemen pegawai negeri, apakah dimungkinkan seorang CPNS meminta ijin sekolah< kebetulan saya adalah dokter, dan pengajar itu bilang boleh asalkan mendapat ijin dari kepala daerah, dikarenakan daerah saat ini punya kewenangan untuk menentukan kebutuhan daeahnya sendiri, seperti kebutuhan akan dokter spesialis dengan perjanjian seperti harus kembali kedaerah dan lain2 bagaimana menurut anda bener ngak?

19 09 2011
Admin

Jika mengenai peraturan daerah saya belum paham, karena kami langsung dibawah kementerian pusat, yang menurut peraturan tidak dibenarkan cpns meminta tugas/ijin belajar . Pak Kholid sebaiknya tanya bagian kepegawaian di dinas bapak bekerja, barangkali karena kebijakan tertentu memang diperbolehkan. terima kasih atas tanggapannya.

10 06 2012
Amar jr

Assalamualaikum… Mngenai izin belajar, apakah CPNS yg tlah mngikuti diklat prajabatan dpat mengajukan izin belajar ttapi SK PNS blum terbit. Mohon saranx pak

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: