Diklat dan Sertifikasi Keperibadian

30 05 2011

Diklat dan seritifkasi kepribadian pegawai dibuka secara resmi oleh Kepala Bagian Umum (Bp. Suwarno, MM) pada tanggal 17 mei 2011 bertempat di Hotel Orchid Garden Batu. Sementara untuk laporan kegiatan diklat dan sertifikasi kepribadian pegawai dilaporkan oleh Kasubbag Tata Laksana Dan Kepegawaian.
Overview Program:
Orientasi program kegiatan diklat dan sertifikasi kepribadian pegawai disampaikan oleh Ketua Panitia yang meliputi penjelasan tentang competence international, transformation & breaktrough, counseling, effective communication, excellent leader, business etiquette, visual statement serta exit interview.
Hari Kedua:
International Work Competence:
Materi yang disampaikan oleh Saudara Dede Syaehumishbah, M.Sc (Staff PSDM PPPPTK BOE Malang) ini mengupas pentingnya kompetensi kerja internasional dalam konteks pengembangan SDM dan orientasi pengembangan SDM PPPPTK BOE Malang masa depan. Latar belakang yang disampaikan sangat rasional dengan mengacu pada visi, misi, corporate value dan bidang garapan saat ini. Institusi ini telah menetapakan visinya sebagai Center of Excellence di bidang produk, training dan layanan jasa baik di level nasional maupun internasional. Salah satu komponen pembentuk kompetensi kerja internasional yang tidak bisa dilepasakan adalah kompetensi kepribadian. Kompetensi yang mencerminkan karakteristik individu berkinerja tinggi ini perlu ditanamkan pada jiwa setiap pegawai. Upaya yang perlu dilakukan salah satunya adalah dengan menyelenggarakan diklat dan sertifikasi kepribadian seperti ini.
Transformation & Breakthrough:
Disampaikan oleh Ibu Yessyca Diana Gabrielle. Materi yang disampaikan menggambarkan bagaimana seorang pegawai dapat tampil. melakukan dan mengerjakan berdasarkan tempat baik di rumah, tempat kerja maupun lingkungan social yang lainnya.
Effective Communication:
Disampaikan oleh Bp. Ronny H. Mustamu. Materi yang disampaikan menggambarkan bagaimana seorang pegawai dapat melakukan komunikasi secara efektif dan berhasil melalui system bersama dalam bentuk symbol, tanda, perilaku dan pidato.
Bagaimana komnunikasi dapat menjadi efektif, dikatakan bahwa terdapat lima kunci diantaranya adalah: (1) menyimak, (2) susun pesan dengan hati hati, (3) akuilah kesalahan, (4) kita cenderung menghakimi diri sendiri, maksud kita dan orang lain melalui perilaku dan (5) menyadari bahwa tidak ada yang sempurna.
Counseling:
Membandingkan antara performance pada saat counseling dengan hasil profiling yang telah dilakukan sebelumnya. Pada section ini setiap peserta mendeskripsikan siapa dirinya dan sifat-sifatnya berdasarkan profiling yang telah dilakukan sebelumnya. Ini juga merupakan wahana terapi kepribadian bagi peserta, karena melalui counseling inilah setiap peserta memperoleh masukan berharga dalam mengenali diri dan memperbaiki dirinya agar menjadi pribadi lebih baik.
Hari Ketiga:
The Excellent Leader:
Mengingat semua peserta diklat ini para pimpinan di unit kerjanya masing-masing, maka materi ini sangat mengena dengan keseharian peserta dalam rangka memimpin unit kerjanya. Bapak Robin memaparkan tentang berbagai gaya kepimpinan beserta ciri-cirinya. Pemimpin yang dirindukan di abad ini serta bentuk hubungan kerja bawahan dan atasan dalam pengelolaan pekerjaan.
Visual Statement
Pada section ini peserta pria dan wanita dipisah di ruang berbeda.Visual Statement memberikan informasi bagaimana bersikap, bertutur kata, berpakaian yang baik berdasarkan standar internasional yang berlaku. Disini peserta mendapat informasi tentang hal-hal sepela yang kadang tidak diperhatikan seperti cara berjalan, cara duduk, berjabat tangan, merias diri, mengenakan pakaian formal dan cara berkomunikasi lisan. Selain mendapat informasi pesertapun langsung belajar mempraktekan materi visual statement yang telah disampaikan pemateri.
Business Etiquette
Segala sesuatu ada etikanya begitupun dalam pengelolaan sebuah lembaga yang tidak terlepas dari hubungan kerja dengan orang lain yang memiliki budaya berbeda. Business Etiquette memaparkan aturan-aturan yang perlu diketahui oleh seseorang dalam rangka mengelola kegiatan bisnisnya agar menghasilkan output tinggi. Cara melakukan bisnis yang baik mulai dari berkomunikasi baik lisan maupun tulisan, bekerjasama untuk sebuah kepentingan bersama, komitmen terhadap kesepakatan dan membina hubungan kerja agar terus berjalan baik dibahas dalam section ini.
Hari Keempat
Exit Interview:
Di hari terakhir pelaksanaan diklat ini merupakan penentuan bagi peserta apakah mereka mempu mengerap dan mempraktekkan materi-materi yang telah disampaikan. Section terakhir ini diberi nama Exit Interview, dimana setiap peserta diklat diminta menunjukan performance nya dalam mempraktekkan materi yang telah dibahas seperti visual statement, komunikasi efektiv dan mengenal siapa dirinya kekurangan dan kelebihannya. Setiap peserta diminta menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh kedua assessor. Selain itu peserta mendapatkan saran dan kritik guna memperbaiki pribadi mereka agar mampu menunjukan high performance dengan segala kekurangan dan kelebihan masing-masing.
Setelah semua peserta melewati section ini saatnyalah masing-masing pihak menyampaikan ucapan terima kasih dan kesannya dalam mengikuti diklat ini. Speech pertama dari pihak fasitator disusul dari perwakilan peserta yang diwakili oleh Bapak Suprayitno.


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: